1. PISTON ![]() |
RING PISTON ![]() |
CONNECTING ROD ![]() |
CRANKSHAFT ![]() |
BEARINGS ![]() |
BRAKE SHOE ![]() |
TIMING CHAIN ![]() |
STEERING HEAD ![]() |


![]() Shock Absorber —–> Bahasa tekhnik Bahasa Bengkelnya Sok Beker / Skock Breker….. ![]() |
fender = spatbor gan…. |
![]() ini namanya Alternator, berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke Accu ( Aki–> Bahasa bengkel juga ). Bahasa bengkel = Dinamo Ampere |
![]() PALA BABI knalpot kolong = under tailalias KALIPER CAKRAM ayam jago = hyper underbone korter: over bor montir = mekanik pindah tangan = over credit adu banteng = tabrakan ![]() tilang = 20rbu ![]() isilop, pokis = polisi ![]() |
![]() Bahasa tekhnik = Spark Plug Bahasa Bengkel = Busi ![]() Fungsi : menghasilkan percikan bunga api saat proses pembakaran. ![]() Bahasa Tekhnik = Ignition Coil Bahasa Bengkel = Spul ![]() Fungsi = menaikkan tegangan (melalui induksi magnet) , dan hasilnya sekitar 30.000 Volt sampai 50.000 Volt ,Ujung kabelnya nancep ke Busi (spark plug) |
![]() Bahasa Teknik = Cam Shaft Bahasa Bengkel = poros kam ,noken As ( ada yang nyebut KamSaf juga ) Fungsi = Untuk mengatur Gerakan Valve ( gerakan membuka dan menutup) ![]() Bahasa Teknik = Valve ( Katup ) Bahasa Bengkel = Klep Fungsi = Mengatur keluar masuk Udara dan Bahan bakar kedalam dan keluar Silinder ![]() Bahasa Teknik = Rocker Arm ( Batang Penumbuk ) Bahasa Bengkel = Pelatuk –>Manuk-Manukan ( bahasa Jawa Manuk=Burung ,karena bentuknya seperti Burung yang mematuk-matuk ![]() Fungsi = Membuka dan menutup Valve(Klep)Dan kalau tiga2nya digabung, seperti ini Ilustrasi mekanisnya : ![]() |
Bahasa Teknik = FlywheelFungsi: Flywheel atau roda gila sendiri punya fungsi meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft (kruk as) saat mesin hidup hingga tenaga mesin dapat tersalurkan ke roda melalui gearbox. Bobot dari flywheel ini juga mampu untuk menahan perubahan kecepatan yang drastis sehingga gerak putaran poros mesin menjadi halus. ![]() |
disc brake = piringanhead lamp = batok lampuexhaust pipe = knalpotfairing = tebeng |
Quote:
kanvas rem = pirodo (pdhal pirodo itu nm merek) Diferensial = gardan Regulator Rectifier = kiprok accumulator = aki magnetic starter = bendik Lighting = lampu sen cover lampu (spd motor)= batok motor repair kit karburator = parkit karbu main jet/nedle jet (karburator) = spuyer |
![]() Bahasa Teknik = Fuse Bengkel = Sekring / Sikring ( asalnya bahasa Belanda = Zekering)Fungsi = sebagai (pengaman) pemutus hubungan arus listrik ketika melewati batas kapasitas ,sehingga komponen listrik terhindar dari kebakaran, biasanya ukurannya Ampere(10 A, 20 Amp, dst ) ![]() Horn = Klakson ![]() ![]() Intake Manifold = Leher Angsa / Gulu Banyak ( jawa ) ![]() ![]() |
![]() ![]() ![]() |
Muffler : klanpot Fork : Shok depan Fuel tank : Tangki bensin Frame : Rangka motor Foot rest : Step depan Rear Arm : Lengan ayun Handle : setang Whels : Roda Rear fender : Spakbor belakang Main stand : Standar dua Side stand : standar samping Engine : mesin main switch : Kontak |
bahsa resmi :standar bahsa bgkel :cagak (mgkin daerah ane aja)fungsi: buat nopang motor kalo lagi markir |
![]() ![]() ![]() |

Bahasa teknik = Fuel pump
Bahasa bengkel = Pompa bensin / rotak
Ini cuma ada dipake di motor injeksi (efi), kalo mobil semuanya pake gan soalnya kan tangki bahan bakar mobil ada di bawah jadi kudu dipompa biar sampe ke mesin. Untuk motor atau mobil yg uda injeksi (efi/electronic fuel injection) dipakein giniian karena ada fungsi lainnya bukan cuma buat nyedot bahan bakar dari tangki ke mesin aja gan, tapi buat memberi tekanan bahan bakar yang besar agar bisa diinjeksikan (dikabutin / fungsinya sama kaya karburator).
source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6443184
Quote:
1. PISTON
Tidak ada komentar:
Posting Komentar