pengenalan komponen mesin

Banyak istilah2 teknik yang digunakan dalam kehidupan sehari2, atau sering kita sebut “BAHASA BENGKEL”. Berikut ini adalah nama2 komponen mesin dan “NAMA BENGKEL” nya. Mudah2an berguna buat agan2 sekalian.
1. PISTON
Piston atau torak sering si sebut juga Seher (Jerman dan Belanda = Zuiger).
RING PISTON
Ring Piston atau sering di sebut Ring Seher adalah part yang terpasang pada piston, berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan menahan oli naik ke kepala silinder.
CONNECTING ROD
Connecting Rod sering di sebut Stang Seher. Connecting Rod adalah penghubung antara piston dan poros engkol, yang berfungsi untuk mengubah gerakan bolak balik piston menjadi gerak putar.
CRANKSHAFT
Crankshaft atau Poros Engkol sering di sebut Kruk As. Crankshaft berfungsi meneruskan daya yang di dapat dari piston ke penggerak roda. Di sinilah putaran mesin terjadi.
BEARINGS
Bearings atau Bantalan sering di sebut Klaher (Jerman dan Belanda = Kugellager). Bearings berfungsi sebagai bantalan antara 2 poros yang berputar untuk mengurangi gesekan sehingga poros dapat berputar secara halus.
BRAKE SHOE
Brake Shoe sering di sebut Kampas Rem, yang berfungsi untuk menahan putaran roda sehingga terjadi pengereman.
TIMING CHAIN
Timing Chain sering di sebut Rantai Keteng. Timing Chain pada sepeda motor berfungsi untuk memutar camshaft sehingga di dapat pembukaan dan penutupan katup dengan waktu yang tepat sesuai putaran mesin dan langkah kerja mesin.
STEERING HEAD
Steering Head sering di sebut Komstir. Steering Head adalah rangkaian komponen kemudi yang terikat pada chasis, tapi umumnya yang di sebut Komstir adalah hanya bagian bearingnya.
Adjustable Spanner
Adjustable Spanner atau Kunci Inggris ditemukan oleh orang Swedia bernama Johan Petter Johansson pada 1891. Kenapa disebut kunci inggris, mungkin yang bawa ke Indonesia pertama kali orang inggris waktu penjajahan

Shock Absorber —–> Bahasa tekhnik
Bahasa Bengkelnya Sok Beker / Skock Breker….. Fungsinya meredam/menahan kejutan biasanya ditempatkan antara Roda dan Kerangka /Bodi
fender = spatbor gan….

ini namanya Alternator, berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke Accu ( Aki–> Bahasa bengkel juga ).
Bahasa bengkel = Dinamo Ampere
PALA BABI
alias
KALIPER CAKRAM
knalpot kolong = under tail
ayam jago = hyper underbone
korter: over bor
montir = mekanik
pindah tangan = over credit
adu banteng = tabrakan
tilang = 20rbu
isilop, pokis = polisi

Originally Posted by pusing-banget View 
Post

kick starter = selahan

Bahasa tekhnik = Spark Plug
Bahasa Bengkel = Busi
Fungsi : menghasilkan percikan bunga api saat proses pembakaran.

Bahasa Tekhnik = Ignition Coil
Bahasa Bengkel = Spul ( ada juga yang menyebut Koil saja )
Fungsi = menaikkan tegangan (melalui induksi magnet) , dan hasilnya sekitar 30.000 Volt sampai 50.000 Volt ,Ujung kabelnya nancep ke Busi (spark plug)

Bahasa Teknik = Cam Shaft
Bahasa Bengkel = poros kam ,noken As ( ada yang nyebut KamSaf juga )
Fungsi = Untuk mengatur Gerakan Valve ( gerakan membuka dan menutup)

Bahasa Teknik = Valve ( Katup )
Bahasa Bengkel = Klep
Fungsi = Mengatur keluar masuk Udara dan Bahan bakar kedalam dan keluar Silinder

Bahasa Teknik = Rocker Arm ( Batang Penumbuk )
Bahasa Bengkel = Pelatuk –>Manuk-Manukan ( bahasa Jawa Manuk=Burung ,karena bentuknya seperti Burung yang mematuk-matuk )
Fungsi = Membuka dan menutup Valve(Klep)Dan kalau tiga2nya digabung, seperti ini Ilustrasi mekanisnya :
Bahasa Teknik = FlywheelFungsi: Flywheel atau roda gila sendiri punya fungsi meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft (kruk as) saat mesin hidup hingga tenaga mesin dapat tersalurkan ke roda melalui gearbox. Bobot dari flywheel ini juga mampu untuk menahan perubahan kecepatan yang drastis sehingga gerak putaran poros mesin menjadi halus.Bahasa Bengkel= Roda Gila
disc brake = piringanhead lamp = batok lampuexhaust pipe = knalpotfairing = tebeng
Quote:
kanvas rem = pirodo (pdhal pirodo itu nm merek)
Diferensial = gardan
Regulator Rectifier = kiprok
accumulator = aki
magnetic starter = bendik
Lighting = lampu sen
cover lampu (spd motor)= batok motor
repair kit karburator = parkit karbu
main jet/nedle jet (karburator) = spuyer

Bahasa Teknik = Fuse
Bengkel = Sekring / Sikring ( asalnya bahasa Belanda = Zekering)Fungsi = sebagai (pengaman) pemutus hubungan arus listrik ketika melewati batas kapasitas ,sehingga komponen listrik terhindar dari kebakaran, biasanya ukurannya Ampere(10 A, 20 Amp, dst )
Horn = Klakson
Intake Manifold = Leher Angsa / Gulu Banyak ( jawa ) Sebagai saluran udara dan bahan bakar dari Karburator menuju Silinder Kop


Inggris = Shift lever TransmissionBahasa Indonesia = Tuas Transmisi , Operan GigiIstilah Belanda = Versnelling
Muffler : klanpot
Fork : Shok depan
Fuel tank : Tangki bensin
Frame : Rangka motor
Foot rest : Step depan
Rear Arm : Lengan ayun
Handle : setang
Whels : Roda
Rear fender : Spakbor belakang
Main stand : Standar dua
Side stand : standar samping
Engine : mesin
main switch : Kontak
bahsa resmi :standar
bahsa bgkel :cagak (mgkin daerah ane aja)fungsi: buat nopang motor kalo lagi markir
Bahasa Belanda : VELGEN Bahasa Inggris : Rim / RimsAlloy Rims [ Alloy Wheel ] = VELG Racing

Bahasa teknik = Fuel pump
Bahasa bengkel = Pompa bensin / rotak
Ini cuma ada dipake di motor injeksi (efi), kalo mobil semuanya pake gan soalnya kan tangki bahan bakar mobil ada di bawah jadi kudu dipompa biar sampe ke mesin. Untuk motor atau mobil yg uda injeksi (efi/electronic fuel injection) dipakein giniian karena ada fungsi lainnya bukan cuma buat nyedot bahan bakar dari tangki ke mesin aja gan, tapi buat memberi tekanan bahan bakar yang besar agar bisa diinjeksikan (dikabutin / fungsinya sama kaya karburator).
source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6443184
Quote:
1. PISTON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar