1. PISTON Piston atau torak sering si sebut juga Seher (Jerman dan Belanda = Zuiger). |
RING PISTON Ring Piston atau sering di sebut Ring Seher adalah part yang terpasang pada piston, berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan menahan oli naik ke kepala silinder. |
CONNECTING ROD Connecting Rod sering di sebut Stang Seher. Connecting Rod adalah penghubung antara piston dan poros engkol, yang berfungsi untuk mengubah gerakan bolak balik piston menjadi gerak putar. |
CRANKSHAFT Crankshaft atau Poros Engkol sering di sebut Kruk As. Crankshaft berfungsi meneruskan daya yang di dapat dari piston ke penggerak roda. Di sinilah putaran mesin terjadi. |
BEARINGS Bearings atau Bantalan sering di sebut Klaher (Jerman dan Belanda = Kugellager). Bearings berfungsi sebagai bantalan antara 2 poros yang berputar untuk mengurangi gesekan sehingga poros dapat berputar secara halus. |
BRAKE SHOE Brake Shoe sering di sebut Kampas Rem, yang berfungsi untuk menahan putaran roda sehingga terjadi pengereman. |
TIMING CHAIN Timing Chain sering di sebut Rantai Keteng. Timing Chain pada sepeda motor berfungsi untuk memutar camshaft sehingga di dapat pembukaan dan penutupan katup dengan waktu yang tepat sesuai putaran mesin dan langkah kerja mesin. |
STEERING HEAD Steering Head sering di sebut Komstir. Steering Head adalah rangkaian komponen kemudi yang terikat pada chasis, tapi umumnya yang di sebut Komstir adalah hanya bagian bearingnya. |
Adjustable Spanner atau Kunci Inggris ditemukan oleh orang Swedia bernama Johan Petter Johansson pada 1891. Kenapa disebut kunci inggris, mungkin yang bawa ke Indonesia pertama kali orang inggris waktu penjajahan
Shock Absorber —–> Bahasa tekhnik Bahasa Bengkelnya Sok Beker / Skock Breker….. Fungsinya meredam/menahan kejutan biasanya ditempatkan antara Roda dan Kerangka /Bodi |
fender = spatbor gan…. |
ini namanya Alternator, berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke Accu ( Aki–> Bahasa bengkel juga ). Bahasa bengkel = Dinamo Ampere |
PALA BABI knalpot kolong = under tailalias KALIPER CAKRAM ayam jago = hyper underbone korter: over bor montir = mekanik pindah tangan = over credit adu banteng = tabrakan tilang = 20rbu isilop, pokis = polisi |
Bahasa tekhnik = Spark Plug Bahasa Bengkel = Busi Fungsi : menghasilkan percikan bunga api saat proses pembakaran. Bahasa Tekhnik = Ignition Coil Bahasa Bengkel = Spul ( ada juga yang menyebut Koil saja ) Fungsi = menaikkan tegangan (melalui induksi magnet) , dan hasilnya sekitar 30.000 Volt sampai 50.000 Volt ,Ujung kabelnya nancep ke Busi (spark plug) |
Bahasa Teknik = Cam Shaft Bahasa Bengkel = poros kam ,noken As ( ada yang nyebut KamSaf juga ) Fungsi = Untuk mengatur Gerakan Valve ( gerakan membuka dan menutup) Bahasa Teknik = Valve ( Katup ) Bahasa Bengkel = Klep Fungsi = Mengatur keluar masuk Udara dan Bahan bakar kedalam dan keluar Silinder Bahasa Teknik = Rocker Arm ( Batang Penumbuk ) Bahasa Bengkel = Pelatuk –>Manuk-Manukan ( bahasa Jawa Manuk=Burung ,karena bentuknya seperti Burung yang mematuk-matuk ) Fungsi = Membuka dan menutup Valve(Klep)Dan kalau tiga2nya digabung, seperti ini Ilustrasi mekanisnya : |
Bahasa Teknik = FlywheelFungsi: Flywheel atau roda gila sendiri punya fungsi meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft (kruk as) saat mesin hidup hingga tenaga mesin dapat tersalurkan ke roda melalui gearbox. Bobot dari flywheel ini juga mampu untuk menahan perubahan kecepatan yang drastis sehingga gerak putaran poros mesin menjadi halus.Bahasa Bengkel= Roda Gila |
disc brake = piringanhead lamp = batok lampuexhaust pipe = knalpotfairing = tebeng |
Quote:
kanvas rem = pirodo (pdhal pirodo itu nm merek) Diferensial = gardan Regulator Rectifier = kiprok accumulator = aki magnetic starter = bendik Lighting = lampu sen cover lampu (spd motor)= batok motor repair kit karburator = parkit karbu main jet/nedle jet (karburator) = spuyer |
Bahasa Teknik = Fuse Bengkel = Sekring / Sikring ( asalnya bahasa Belanda = Zekering)Fungsi = sebagai (pengaman) pemutus hubungan arus listrik ketika melewati batas kapasitas ,sehingga komponen listrik terhindar dari kebakaran, biasanya ukurannya Ampere(10 A, 20 Amp, dst ) Horn = Klakson Intake Manifold = Leher Angsa / Gulu Banyak ( jawa ) Sebagai saluran udara dan bahan bakar dari Karburator menuju Silinder Kop |
Inggris = Shift lever TransmissionBahasa Indonesia = Tuas Transmisi , Operan GigiIstilah Belanda = Versnelling |
Muffler : klanpot Fork : Shok depan Fuel tank : Tangki bensin Frame : Rangka motor Foot rest : Step depan Rear Arm : Lengan ayun Handle : setang Whels : Roda Rear fender : Spakbor belakang Main stand : Standar dua Side stand : standar samping Engine : mesin main switch : Kontak |
bahsa resmi :standar bahsa bgkel :cagak (mgkin daerah ane aja)fungsi: buat nopang motor kalo lagi markir |
Bahasa Belanda : VELGEN Bahasa Inggris : Rim / RimsAlloy Rims [ Alloy Wheel ] = VELG Racing |
Bahasa teknik = Fuel pump
Bahasa bengkel = Pompa bensin / rotak
Ini cuma ada dipake di motor injeksi (efi), kalo mobil semuanya pake gan soalnya kan tangki bahan bakar mobil ada di bawah jadi kudu dipompa biar sampe ke mesin. Untuk motor atau mobil yg uda injeksi (efi/electronic fuel injection) dipakein giniian karena ada fungsi lainnya bukan cuma buat nyedot bahan bakar dari tangki ke mesin aja gan, tapi buat memberi tekanan bahan bakar yang besar agar bisa diinjeksikan (dikabutin / fungsinya sama kaya karburator).
source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6443184
Quote:
1. PISTON
Tidak ada komentar:
Posting Komentar