sepeda motor

    
    KOPLING                                              
SEPEDA MOTOR 
                                              kopling2.jpg
1.    PENGERTIAN KOPLING   

Ø  Untuk memutus dan menghubungkan putaran
Mesin ketransmisi dan di terus kan ke roda ban
Ø  Untuk dapat memasuk kan gigi transmisi pada sepeda motor
Berjalan ; 1.pemasuk gigi
                 2.penurun gigi


2.    NAMA  ALAT DAN BAHAN
·         ALAT
1.kunci  10 T
2.kunci  8   T
3.kunci  ring 8/9
4.kunci ring  12/13
5.kunci ring 14/ 15
6 kunci  ring 18/ 19
7. kunci L
8.DLL


·         BAHAN
1 buah kopling sepeda motor
 
3.       KOMPONEN KOMPONEN KOPLING

1.     Pelat kopling
2.     Bantalan
3.     Piringan kopling
4.     Kanvas kopling
5.     Waser
6.     Mur pengunci kopling
7.     Pelat pengangkat
8.     Kopling luar
9.     Pelat penggerak
10.  Silinder kopling
11.  Sepatu kopling
            



4.    JENIS KOPLING

Ø    Kopling mekanik

           susunan-kopling.jpg                      
                             


Ø    KOPLING  OTOMATIS

                      Kopling otomatis ialah kopling yang cara bekerjanya diatur oleh tinggi atau rendahnya putaran mesin itu sendiri. Seperti halnya dengan kopling mekanik, maka kopling otomatis juga ada yang berkedudukan pada kruk as dan ada juga yang berkedudukan pada as primer transmisi. Mengenai mekanisme atau peralatan koplingnya tidak berbeda dengan peralatan yang terdapat pada kopling mekanik, hanya tidak terdapat perlengkapan hendel dan sebagai penggantinya pada kopling ototmatis ini terdapat alat khusus yang bekerja secara otomatis pula, yaitu :
- Otomatis kopling, yang terdapat pada kopling tengah (untuk kopling yang berkedudukan pada
kruk as)
- Lager keseimbangan gaya berat (roller weight) yang berguna untuk menekan plat dasar waktu
digas.
- Per kopling yang lemah, berguna pada waktu mesin hidup langsam, koplingnya dapat netral
(nol)
- Per pengembali (spring of) untuk mengembalikan dengan cepat dari posisi masuk ke posisi
netral, bila mesin hidup dari putaran tinggi menjadi rendah.
Dengan alat-alat khusus inilah kopling otomatis dapat mengambil manfaat yang ditimbulkan oleh mesin untuk mengatur kerjanya. Jadi, gaya sentrifugal merupakan dasar bekerjanya kopling otomatis.
Beberapa motor besar dilengkapi dengan kopling torque convertor, seperti terlihat pada gambar dibawah. Kopling ini bekerjanya berdasarkan tekanan dari minyak (fluida) yang dihasilkan dari putaran mesin, semakin tinggi putaran mesin maka kopling akan menguhubungkan antara poros penggerak dengan poros yang digerakkan.


5.    PEMBONGKARAN

http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_3.gif1/. Kuras/buang Oli mesin
http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_deep_stick.gifhttp://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_saringan_oli.gif
2/. copot/buka engkol starter
3/. copot juga penahan engkol starter (besi batangan yg ada bawah mesin)
4/. copot tali kopling dari pengangan pengaisnya
5/. copot cover mesin, buka bautnya (pakai kunci ring 8) bergantian silang yah, begitu juga pada saat pasangnya.
6/. Buka cover saringan oli (yg bautnya ada 3) pakai obeng ketok





http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_4.gif7/. Buka corong saringan oli, pakai wrench tool berkaki empat, dan tahan gigi/GEAR mesin pakai mata obeng ketok (yg min)





http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_5.gif8/. Buka penekan per kopling (yg bautnya ada 4), pakai kunci 10, bukanya nyilang yah, juga pas masangnya.trus buka mur pemegang rumah kopling, ketok pakai mata obeng ketok (yg min), per sisi yah (karena mur ini punya coakan empat sisi).




http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_25.gif9/. copot rumah kopling, dan copot kampas kopling dan plat kompling. trus bersihin plat & rumah koplingnya dari arang kanvas kompling yg
tergarang panas oli (bisa pakai minyak tanah, trus dibilas pakai sabun supaya bersih).
10/.Jangan lupa bersihin juga saringan oli dari endapan oli yg mengeras
(bisa pakai minyak tanah, trus dibilas pakai sabun supaya bersih).
Endapan ini bisa ngga ada, bisa sedikit, bisa banyak, tergantung
kwalitas oli mesin yg elu pake.




11/.Cek, gasket cover mesinnya masih bisa dipakai apa ngga? kalau rusak pakai yg baru.
Cara masang part-nya:
1/. Setelah semuanya bersih, rangkai kanvas kopling ke rumah kopling
berselingan (kanvas, plat kopling, kanvas,…) jangan lupa, kanvas
dan plat koplingnya olesi dengan oli mesin.

http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_20.gifhttp://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_21.gif
2/. setelah terangkai di rumah kopling, pasang rumah tsb ke dudukan
bautnya, dan pasang murnya (jangan lupa pasang ringnya,
tulis ‘OUTSIDE’ harus menghadap keluar). sirip mur juga harus
menghadap keluar. ketok mur per-sisisupaya kencang, sampai kira-kira
sudah cukup kencang.
3/. pasang per koplingnya semua, dan pasang penekan kopling, kencangkan baut-bautnya pakai kunci 10 (harus bersilangan)
http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_22.gifhttp://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_23.gif
4/. trus pasang corong saringan oli (pakai wrench tool berkaki empat),
bersamaan itu juga tahan gear mesinnya pakai mata obeng.


http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_24.gif

http://img.photobucket.com/albums/v323/edwin_tutkey/honda%20tiger/kopling/th_gasket.gif5/. pasang tutup saringan oli, periksa gasketnya apa masih bagus atau
ngga, kalau rusak pakai yg baru. setelah ketiga baut tsb terpasang, ketok pakai obeng ketok sampai kekencangan cukup (posisi putar obeng ketok harus ke arah ‘mengencangkan’, bukan posisi ‘membuka’)
6/. pasang cover mesinnya, pasang baut-bautnya, kencangkan secara bersilangan (sebelum cover dipasang, gasketnya olesi dengan lem gasket, tipis ajah).




7/. pasang engkol starter
8/. pasang penahan engkol starter
9/. pasang tali kopling, sambungkan ke tuas pengaisnya
10/. Isikan mesin dengan oli mesin yg baru (jangan lupa tutup pembuangan olinya)

11/. setelah beres semua, nyalakan mesin motor anda, trus stel koplingnya (terlalu dalam atau cetek), biasanya karena kanvas baru, mur-mur yg di kable kopling (yg di dekat mesin) harus dimundurin.
12/. SELESAI
13/. Ngaso dulu sembari hisap sebatang rokok …(sruuup….ahhhhhhhhhh)
REMARKS:
1/. Alat diatas dipakai sebagai penganti peralatan std yg dipakai bengkel
AHASS (cuman die yg punya, susah cari di pasaran)
2/. Wrench tool berkaki empat (itu made in dewek + tukang bubut, pakai
mata kunci ring 22mm)
3/. Mur (yg bercoak empat sisi) itu dipakai di dudukan saringan oli &
dudukan rumah kopling itu sama
4/. Ati-ati pas ngebuka mur (yg bercoak empat sisi), jangan sampai tuh
palu ngenain dudukan rumah per kopling, soalnye itu rumah per dibuat
dari besi cor-an yg ringkih. kalau sampai patah beli ajah lagi, tapi
yg untuk GL100, sama kok, harganya cuma 20rb, yg aslinya untuk tiger 132rb (di AHASS).
5/. Waktu pengerjaan sekitar 3-4jam.
Untuk kanvas kopling Racing, platnya tidak di pasang semua,.. untuk kehati-hatian sebaiknya siapin kamera untuk memotret setiap langkah pembongkaran sehingga pemasngan tidak keliru…
http://triyantobanyumasan.files.wordpress.com/2010/12/kopling-tiger1.jpg?w=300&h=225
http://triyantobanyumasan.files.wordpress.com/2010/12/kopling-tiger.jpg?w=300&h=225 




difoto biar ga lupa
Dan yang ingin aku soroti dari modif kali ini adalah tentang handle kopling yang berat setelah penggantian per kopling dengan part racing, untuk mengakalinya maka pegangan pengais kopling disambung… cekidot
sambungan dari stainless jadi ga karat
Sambungan ini juga merupakan penemuan yang tidak sengaja, karena untuk membentuknya menyerupai Got sehingga bisa ditutupkan ke pengais kopling dan di baud, bukan hal mudah…


6.       CARA KERJA

(1) Lepaskan sekerup-sekerup dan tutup rotor saringan oli.
(2) Lepaskan pompa oli.
(3) Tahan roda gigi penggerak primer dan roda gigi yang digerakkan dengan sebuah penahan roda gigi, lepaskan mur pengunci
menggunakan perkakas khusus,
(4) Lepaskan pembimbing pengangkat kopling.
(5) Lepaskan baut—baut kopling, pelat pengangkat kopling dan pegas kopling.
(6) Longgarkan baut·baut dalam pola bersilang dalam 2-3 tahap.
(7) Pasang pemegang pemusat kopling dan lepaskan mur pengunci kopling.
(8) Lepaskan sebagai berikut:
    (a) cincin (waser),
    (b) bagian tengah kopling (pemusat kopling),
    (c) pelat kopling,
    (d) kanvas kapling, dan
    (e) pelat penekan.
(9) Lepaskan cincin splain, kopling luar (outer clutch), dan clutch outer guide (penghantar kopling luar).
(10) Lepaskan roda gigi penggerak primer dan pasak tembereng dari poros engkol.
(11) Jangan menghilangkan pasak tembereng.


7.       PEMERIKSAAN


20120120-koplinfklx_3.jpg(1) Periksa bantalan pengangkat terhadap kerusakan.
(2) Putar cincin dalam bantalan dengan jari—jari,juga periksa bahwa cincin luar bantalan duduk dengan erat pada pelat pengangkat kapling
                              
(3) Ganti bantalan apabila diperlukan.
(4) Ukur panjang bebas pegas kopling pengembalian 
                                     20110110PerKoplingCS1_Lead.jpg               
(5) Pegas kopling harus diganti semuanya sebagai satu set jika satu atau lebih telah melampaui batas servis,
(6) Gantikan kanvas kopling apabila mereka menunjukkan tanda-tanda goresan atau perubahan wama.
                              20120120-koplinfklx_4.jpg
(7) Kanvas dan pelat kopling harus diganti sebagai satu set jika salah satu telah melampaui batas servis.
(8) Periksa terhadap kebengkokan pelat dengan menggunakan bidang pengukuran kedataran dan sebuah lidah pengukur.
(9) Periksa potongan-potongan pada bagian luar kopling (clutch outer) terhadap lekukan atau kerusakan-kerusakan kecil yang disebabkan oleh kanvas kopling.
20120120-koplinfklx_2.jpg      


                                                    
(10) Ukur bagian luar kopling.
(11) Ukur penghantar bagian Iuar kopling.
                                   20120120-koplinfklx_5.jpg
(12) Ukur poros utama pada penghantar bagian luar kopling.
(13) Periksa bagian bawah kopling (clutch center) terhadap lekukan-lekukan atau kerusakan-kerusakan kecil yang disebabkan oleh pelat kopling.

8.      PEMASANGAN

(1) Pasang pasak tembereng (spie) pada pores engkol.
(2) Pasang roda gigi penggerak primer dengan menepatkan alur pada roda gigi dengan pasak.
(3) Olesi gigi-gigi roda gigi primer dengan oli.
(4) Pasang penghantar kopling iuar, kopling dalam, dan cincin splain.
(5) Pasang pelat penekan, kanvas kopling, pelat kopling, kopling tengah, pegas pengantar, dan dudukan pegas.
(6) Susun kanvas dan pelat silih bergantian.
(7) Lapisi kanvas kopling baru dengan minyak mesin baru.
(8) Pasang kanvas, pegas judder, dan dudukan pegas.
(9) Kanvas kopling yang dipasang bersandar pada judder spring mempunyai diameter yang lebih besar dari kanvas-kanvas lainnya.
(10) Pasang lidah tonjolan dari kanvas pada alur-alur dari kopling luar.
(11) Pasang cincin pengunci dengan tanda outside menghadap keluar.
(12) Olesi ulir mur pengunci kopling tengah dengan cli.
(13) Pasang mur pengunci dengan sisi yang mempunyai siku yang diberi lengkungan menghadap ke sebelah dalam.
(14) Tahan kopling tengah dengan pemegang kopling tangah, kencangkan mur pengunci sesuai torsi pengencangan yang ditentukan
(15) Mur pengunci kopling tengah harus dipenitik (drip) untuk menguncinya.
(16) Pasang pegas—pegas kopling dan pelat pengangkat dan kencangkan baut—baut dalam pola bersilang dalam 2-3 Iangkah.
(17) Pasang penghantar pengangkat kopling.
(18) Pasang rotor saringan oli.
(19) Pasang cincin pengunci dan mur pengunci.
(20) Pasang cincin pengunci dalam tulisan outside menghadap keluar.
(21) Pasang mur pengunci dengan sisi yang mempunyai siku yang diberi lengkungan menghadap cincin pengunci.
(22) Bersihkan rotor saringan oli.
(23) Periksa apakah oli dapat mengalir dengan bebas melalui salurannya tanpa hambatan.
(24) Jika perlu lepaskan klip dan ganti part (suku cadang) yang rusak,

          Diperiksa oleh                                                                             Dipraktekan oleh


        (   A. LAULI    )                                                                          ( Ronal romanus )
                                                                                                                201101062